Jumat, 21 April 2017

Belajar dari R.A. Kartini, Pejuang Wanita di Masa Ini adalah Kita Sendiri



Belajar dari R.A. Kartini, Pejuang Wanita di Masa Ini adalah Kita Sendiri
Pejuang Wanita di Masa Kini :Kita Sendiri
Dasar dari emansipasi wanita sudah ada di depan mata, yaitu perjuangan R.A. Kartini. Dengan dibukukannya tulisan-tulisan Kartini oleh Mr.J.H Abendanon yang diberi judul “Habis Gelap Terbitlah Terang” sungguh menjadi inspirasi bahwa kaum wanita sejatinya bisa maju dan berkembang, baik dari sisi pemikirannya maupun tindakannya untuk memperjuangkan hak wanita dan memajukan bangsa. Wanita masa kini memang diharapkan bisa lebih tangguh dan berkembang untuk menghadapi tantangan zaman. Selain itu, bukan saatnya lagi wanita masa kini bersembunyi di belakang pria hanya karena masih menjunjung tinggi sifat ‘kelemahan’ yang selama ini terpatri di kepribadian kaum wanita pada umumnya. Tanpa semangat dan motivasi tinggi, sulit rasanya untuk mengembangkan bangsa ini. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan wanita agar ia bisa meneruskan perjuangan Kartini di masa ini?
1. Wanita Harus Cerdas & Banyak Ide
 Seperti yang dilakukan Kartini, menjiplak konsep kekinian wanita Belanda pada masanya membuatnya berkembang dengan pikiran terbuka untuk memajukan wanita Indonesia. Kita pun di masa ini bisa melakukan hal yang sama. Banyak membaca, menambah referensi informasi, cari pengalaman disana sini dan mampu mengembangkan berbagai ide untuk terus memberi inspirasi bagi banyak orang adalah hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri.
2. Wanita Harus Tangguh & Berani
Sebagaimana perjuangan Kartini yang berani untuk mendobrak budaya lama menjadi budaya baru tentang hak & martabat wanita, di masa ini pun kita harus melakukan hal yang sama. Untuk menjadi wanita modern, kita harus menyingkirkan berbagai pemahaman masa lalu bahwa wanita itu lemah, penakut  atau tidak bisa mandiri. Di zaman yang serba maju ini, wanitapun harus berpikiran maju yang diimbangi dengan tekad kuat untuk bisa semakin eksis dan bermanfaat bagi banyak orang. Hapus pemikiran lama dan buktikan bahwa wanita bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh kaum pria.
Bukan tidak mungkin bahwa seorang wanita memiliki pekerjaan super ekstrim, misalnya sebagai pendamping PKH. Pekerjaan yang sangat berat ini nyatanya dilakoni juga oleh wanita-wanita super pendamping ngronggot , Sosok ini sungguh membuktikan bahwa wanita dapat berkarya dan bermanfaat bagi sesama ketika ia berani keluar dari zona nyaman sehingga pekerjaan sesulit apapun akan terasa mudah jika kita melakukannya dari hati dan penuh tanggung jawab.
3. Membawa Nama Baik Indonesia? Ya, inilah yang dilakukan Kartini di masa lalu karena hasil kumpulan tulisannya yang dibukukan dan berbagai sekolah wanita yang ia kembangkan telah diketahui dunia internasional, bahwa ia ada untuk meningkatkan derajat wanita Indonesia. Namun popularitasnya tidak lantas membuatnya sombong, justru kerendahan hatinya sungguh sangat dikagumi oleh banyak orang. Wanita masa kini pun mampu melakukan hal yang sama, yaitu populer dengan karyanya dan dapat membawa nama baik Indonesia serta membuktikan bahwa negara kita kaya akan masyarakat yang unggul dan dapat bersaing di kancah Internasional. 
Jadilah kartini yang tangguh bewawasan kedepan peduli terhadap sesama dan mampu menjaga keluarga serta mencetak anak-anaknindonesia yang membanggakan (PKH NGRONGGOT Yesss....)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar