Jumat, 24 Maret 2017

Malang menjadi kota pertama yang menerapkan E Warung

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meluncur layanan warung nontunai atau "e-warung" pertama Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera nasional di Kota Malang, dan ini merupakan penerapan e-warung pertama di Indonesia sekaligus menobatkan kota Malang sebagai kota pertama kali di Indonesia yang siap melaksanakan program tersebut.

E-Warung adalah sistem penyaluran Bantuan Sosial yang dikembangkan Kementerian Sosial, sistem penyaluran bantuan sosial berbasis non tunai itu untuk mencegah distribusi yang tak tepat kualitas dan kuantitas.

Peluncuran e-warung ini diharapkan dapat menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia dan melalui kartu BISA yang difasilitasi oleh BNI, pemberdayaan fakir miskin menuju masyarakat sejahtera dapat terwujud," kata Khofifah dalam sambutannya pada peluncuran e-warung di Jalan Ikan Tombro Kota Malang, Jawa Timur

Peluncuran e-warung, lanjut dia dapat meminimalisir tindakan pemotongan bantuan sosial karena penyaluran bantuan dilakukan langsung melalui transfer ke rekening penerima bantuan dan penggunaan kartu BISA dari BNI. Kartu BISA, Khofifah menjelaskan, bisa menjadi tabungan dan alat transaksi nontunai.

Dia mengatakan, pemberian bantuan sosial nontunai ditujukan untuk menutup kemungkinan adanya pemotongan bantuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar