Minggu, 12 Maret 2017

Mengembangkan Kreatifitas Menuju Kemandirian



Ngronggot, Desa Ngronggot merupakan ibu kota dari Kecamatan Ngronggot salah satu kecamatan di Kab Nganjuk. Tepatnya berada disisi Tenggara dari ibu kota Kabupaten Nganjuk. Selama ini perjalanan PKH para peserta masih berkutat pada komitmen terhadap program serta kepesertaan.
Setelah berjalannya waktu mereka (KSM Peserta PKH) merasa membutuhkan kegiatan yang lebih. Selain hanya pertemuan kelompok dan arisan kelompok. Di akhir 2015 salah satu kelompok di dusun Dingin, Desa Ngronggot, Kec Ngronggot sudah mencoba memulai mengembangkan kreatifitasnya. Mereka merasa membutuhkan pengembangan untuk lebih memaksimalkan kemampuan.
Pengembangan kreatifitas ini diharap nantinya mampu menambah life skill KPM dan juga mungkin bisa menjadi salah satu alternatif KPM untuk menambah penghasilan. Potensi KPM ini sudah mulai terlihat dan membutuhkan dampingan serta dukungan.
Dengan arahan pendamping mereka mencoba mengolah sampah bekas untuk dimanfaatkan untuk kerajinan tangan. Karena sampah rumah tangga juga sudah menjadi persoalan yang perlu penanganan. Dari beberapa pertemuan mereka mencoba merangkai Tas belanja dari bekas gelas minuman dan juga dari bungkus minuman instan.
Pembuatan Kerajinan Tas dari Sampah Botol Minuman
Dengan hal tersebut dalam jangka panjangnya kemudian memaksimalkan sampah yang masih bisa digunakan untuk diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat. Selain itu juga memanfaatkan bank sampah yang di coba dirintis saat ini.
Selain itu dengan adanya Bank Sampah Keluarga Harapan, potensi kreatifitas ini trus bisa dikembangkan. Setelah berjalannya bank sampah bulan lalu, sudah terlihat potret potensi yang ada. Selain itu juga banyak muncul kreatifitas KPM yang muncul dan membutuhkan suport dalam pengembangannya. (d’ Cahyono)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar