Jumat, 24 Maret 2017

Mars PKH

Mars PKH semoga menjadi api penyemangat baru yang akan membangkitkan kekuatan spirit pendamping PKH dalam melaksanakan pengabdian dan tugasnya, semoga terwujud "Satu Asa Membangun Jiwa" sebagaimana konsep pelaksanaan kegiatan Jambore Pemantapan Pendamping dan Operator PKH tahun 2013. Lebih dari itu semoga ini bukan sekedar impian ... untuk bangun Indonesia hebat


                         Mars PKH

Satukan langkah menyongsong masa depan
Berbekal niat dan kebersamaan
To Help People and to help themselves
Kita tanam dalam jiwa kita

Mari sadari bangsa ini besar
harus dibangun oleh orang-orang tegar
kita tingkatkan komitmen dan dukungan
Tuk mencapai Indonesia Jaya

Reff:
PKH program Keluarga Harapan
Membangun Keluarga sejahtera
Rakyat cerdas rakyat sehat
Kita bangun Indonesia hebat

Interlude Reff 2X

Mars PKH ciptaan M. Nizar (penulis ambil dari : http://pkhkecprigen.blogspot.com) sesuatu yang baru, sesuatu yang semoga bisa membangkitkan semangat baru bagi pendamping dan operator PKH dalam menuntaskan setiap ritme waktu dalam pelaksanaan tugas kesehariannya. Sungguh sangat mulia ketika kita bisa mewujudkan kebersamaan langkah dalam kebersamaan membuang segala ambisi pribadi dan kepentingan-kepentingan sesaat untuk membantu saudara-saudara kita agar mampu juga menolong diri mereka yang dalam keterpurukan, keterpurukan yang bisa jadi akibat ketidakbecusan para petinggi dan penentu kebijakan di negeri ini. Mars PKH ingatkan kita akan pentingnya menanamkan niat bersih untuk kemaslahatan bersama atas setiap jiwa-jiwa kita yang diamanahi sebagai para pekerja sosial. Walau kita tidak pungkiri kalau masih banyak diantara para pendamping dan operator PKH pun berada dalam kondisi yang tidak berbeda dengan para dampingannya, tapi itu bukan suatu pembenaran untuk kita tidak semangat dan memberi yang terbaik.

Penulis memang tidak termasuk peserta Jambore Pemantapan Pendamping dan Operator PKH tahun 2013 yang baru selesai diselenggarakan, karena penulis baru menjadi pendamping PKH ditahun 2016 sesuai dengan ditetapkannya Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawatimur sebagai salah satu kabupaten pengembangan PKH tahun 2016 yang lalu, dan kami baru mengikuti Bimtek  Pendamping PKH pada bulan September tahun 2016. Akan tetapi sungguh sangat termotivasi ketika kita senua diingatkan untuk menyadari bahwa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang memiliki kekayaan alam luar biasa banyaknya, bangsa yang mempunyai letak geografis sangat baik bahkan menjadikan iri banyak bangsa di dunia ini untuk memilikinya. Hingga bangsa ini harus menderita karena ketidak tegaran sebagian diantara para pengelolanya, untuk itu Mars PKH telah ingatkan kalau bangsa ini harus dikelola oleh orang-orang yang tegar, tegas, cerdas, berdedikasi tinggi atas komitmen bersama, atas cita-cita besar bangsa yang tertuang dalam tujuan Program Keluarga Harapan yaitu Memutus Rantai Kemiskinan. Ini sungguh sangat luar biasa sebagaimana menurut Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Bapak Andi ZA. Dulung bahwa target hasil pelaksanaan kegiatan ini (penulis: Jambore Pemantapan Pendamping dan Operator Tahun 2016) adalah meningkatnya pengetahuan dan wawasan pendamping dan operator tentang urgensi motivasi kerja dan Kepemimpinan, meningkatnya spirit kerja pendamping dan operator dan mewujudkan pendamping dan operator PKH sebagai relawan sosial sejati yang profesional, berdedikasi tinggi, dan bertanggungjawab.
Selain itu, meningkatnya kapasitas pendamping dan operator PKH yang dapat memberikan pelayanan kepada RTSM/KSM peserta PKH yang lebih baik dan terapresiasinya kinerja pendamping dan operator PKH tahun 2009, 2010 dan 2011. 

Konsep luar biasa telah tersirat dalam lirik-lirik Mars PKH yang saya sendiri baru mendengar melalui situs You tube, akan tetapi segala apa yang tersirat sungguh telah mengingatkan saya sebagai pendamping PKH agar lebih meningkatkan setiap potensi yang ada untuk bisa menjadi bagian dari barisan yang tegar dalam mengelola bangsa ini. Mengelola bangsa dalam menyongsong masa depan dengan mempersiapkan para calon pemegang amanah negeri ini melalui anak-anak PKH yang cerdas dan sehat. Walau sangat berat berada dalam koridor yang lurus dalam mewujudkan cita-cita mulia Program Keluarga Harapan semoga Allah selalu menjaga kita semua atas setiap fitnah dan cobaan, memang walau hanya sedikit dan sangat kecil apa yang bisa dilakukan oleh seorang pendamping PKH seperti saya dan teman-teman pendamping PKH angkatan 2012 lainnya akan tetapi itu adalah hal terbaik yang kami punya dan bisa kami berikan kepada bangsa ini agar kami tidak terpinggirkan dari barisan kebersamaan dengan alasan birokrasi atau yang lainnya. Sekali lagi, Mars PKH begitu menyiratkan sesuatu yang luar biasa yang sangat ingin sekali saya bisa mewujudkannya untuk bangsa ini.

Ya Allah, aku pasrahkan segalanya atas-MU dan aku serahkan jiwa ini dalam penjagaan-MU agar terbebas dari segala fitnah dan kenestapaan. Ya Allah, tetapkan hati ini hanya dalam kebaikan yang ENGKAU ridhoi, dan jadikan jiwa-jiwa kami tegar dan terpilih untuk mewujudkan setiap cita-cita mulia bangsa ini. Yang Allah, jadikan kami para pendamping dan operator PKH yang memiliki multi talenta agar bisa membantu para RTSM dampingan kami, dan jadikan program keluarga harapan ini sebagai asbab kebaikan bangsa ini agar menjadi hebat di hadapan-MU. aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar